KADER PARTAI AMANAT NASIONAL UTAMA ANGKATAN KE IV 2004   

Rabu, Maret 30, 2011

VISI DAN MISI AHMAD HANAFI RAIS UNTUK YOGYAKARTA

oleh Hanafi Rais Untuk Yogyakarta pada 30 Maret 2011 jam 16:01


Visi HANAFI RAIS UNTUK YOGYAKARTA

Mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai “Kota Pintar” yang ditopang oleh ekonomi rakyat yang kreatif dan produktif; kehidupan warga kota yang semakin sehat, terdidik, dan guyub rukun; mobilitas warga yang nyaman dan aman; tata kelola kota yang bebas dari korupsi; serta pembangunan berkemajuan yang selalu harmonis dengan sejarah, adat, dan karakter Kota Jogja.

PANCA MISI HANAFI RAIS UNTUK YOGYAKARTA:

1. Mempertahankan pendidikan wajib belajar 12 tahun (SD-SMP-SMA) namun ditopang oleh mutu pendidikan yang lebih baik lagi dan akan didorong untuk bisa lanjut ke pendidikan tinggi, terutama bagi mereka yang tidak mampu namun berprestasi untuk diberikan jaminan pendidikan secara penuh hingga lulus sarjana dan didorong untuk bisa berkarya di instansi pemerintah atau badan usaha milik daerah. Pemerintah akan mengusahakan untuk membuat UNIVERSITAS KOTA sebagai wahana ilmu dan pengetahuan yang lebih aplikatif untuk mengembangkan ekonomi dan infrastruktur kota.

2. Tidak boleh ada warga kota yang tidak bisa sehat karena alasan biaya, tanpa kecuali, sehingga akan diadakan JAMINAN KESEHATAN SEMESTA untuk seluruh warga kota berikut pengembangan rumah sakit daerah yang dikembangkan secara lebih modern dan berhasil bersaing dengan pelayanan kesehatan daerah lain.

3. Ekonomi rakyat yang kreatif dikembangkan melalui pasar tradisional yang bersih dan nyaman dan UMKM yang bernilai tambah tinggi sehingga bisa meningkatkan produktivitas warga dan produksinya terserap oleh pasar lokal, nasional, regional, dan internasional untuk menuju PASAR DAN UMKM YANG MANDIRI.

4. Membuat pariwisata kota yang pro-orang miskin (pro-poor tourism) dengan membuat tempat WISATA ALTERNATIF seperti Kali Code, Winongo, kuliner, dan mengintegrasikan pusat kunjungan wisata yang sudah mapan dengan kampung-kampung kerajinan, makanan, industri kecil, dan religi yang baru, termasuk pengadaanhomestay bagi wisatawan di kampung-kampung tersebut. Pembangunan sarana dan prasarana kampong menjadi urgen untuk dirancang sebagai bagian dari tujuan pariwisata yang baru ini.

5. Memperbanyak ruang terbuka dan kegiatan di kota sebagai tempat untuk mengembangkan SENI MULTIBUDAYA, baik klasik (dari wayangan hingga barongsay) maupun modern (dari macapat hingga jazz/hip hop jawa) sekaligus wahana bagi warga lintas usia untuk berekspresi baik seni, olahraga, maupun untuk relaksasi.

PANCA MISI HANAFI RAIS UNTUK YOGYAKARTA ini diharapkan pada akhirnya akan selalu berimbas positif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi warga kota sekaligus juga mutu kehidupan warganya yang semakin bagus (tentu dengan dukungan dan bantuan saudara-saudaraku semuanya warga kota Yogyakarta). Insya Allah.